Alih Fungsi Lahan di Kulon Progo Diprediksi Capai 300 Hektare

Kotawates.com, Kulon Progo – Alih fungsi lahan pertanian di wilayah Kulon Progo hingga lima tahun ke depan diperkirakan bisa mencapai 300 hektare.

Hal itu karena adanya alih fungsi lahan pertanian untuk megaproyek bandara dan kawasan industri serta permukiman warga.
Mengantisipasi hal itu, Pemkab Kulon Progo mulai melakukan cetak sawah baru.

Setelah berjalan di tahun ini dengan luas cetak sawah baru mencapai 55 hektare, pada 2016 mendatang ditarget dapat mencetak sawah lagi seluas 100 hektare.

Kepala Dispertahut Kulon Progo, Bambang Tri Budi Harsono, mengatakan cetak sawah baru memang dimaksudkan untuk mengganti lahan pertanian yang telah beralih fungsi.
Demi ketahanan pangan, maka lahan pertanian yang kini menjadi calon lokasi sejumlah proyek termasuk bandara harus diganti.

“Mau tidak mau bakal ada alih fungsi lahan sehingga kami juga harus menyiasati dengan cetak sawah baru,” kata Bambang, Selasa (15/12/2015).
Pada 2015, disebutkan cetak sawah baru seluas 55 hektare, di wilayah Donomulyo Nanggulan, Desa Sentolo Kecamatan Sentolo, Sendangsari dan Pengasih di Kecamatan Pengasih.

Meski masih kurang dua hektare di Nanggulan, cetak sawah baru 2015 bakal selesai pekan ini.

Bambang mengakui untuk cetak sawah baru membutuhkan biaya sekitar Rp 15 juta per hektare.

Sebab itu, jika rencana cetak sawah mencapai ratusan hektare, biayanya pun cukup besar. Belum lagi sawah harus dilengkapi dengan fasilitas jaringan irigasi dan jalan usaha tani.

Program cetak sawah baru itu masih dilanjutkan pada 2016 dengan target luasan 100 hektare.

Kabid Tanaman Pangan Dispertahut Kulon Progo, Tri Hidayatun, menambahkan cetak sawah baru menjadi solusi atas alih fungsi lahan pertanian akibat pembangunan Kulon Progo.

“Tahun depan sasarannya masih wilayah Pengasih, Sentolo, dan Nanggulan,” katanya. Disebutkan, semula potensi cetak sawah baru di Kulon Progo seluas 450 hektare. Namun setelah diinventarisasi, lahan yang layak dicetak sebagai sawah sekitar 144 hektare.

Sumber : Tribunnews.com


TAG