BMKG DIY Pasang Sistem Peringatan Dini Tsunami di Pantai Glagah

Kulon Progo – BMKG DIY baru saja menyelesaikan pemasangan Sistem Peringatan Dini Tsunami (EWS) di kawasan Pantai Glagah, Kamis (17/9/2015). Agar fungsinya lebih efektif, sosialisasi penggunaannya pun dilakukan.

Kepala BMKG DIY, Tony Agus Wijaya, mengatakan pemasangan Ina Tews sampai saat ini baru dilakukan di Pantai Parangtritis dan Glagah. Harapannya, ke depan pemasangan dapat dikembangkan hingga sepanjang pantai selatan.

“Informasi pantai selatan memiliki potensi tsunami bukan untuk membuat takut. Namun itu agar semua lebih siap dan tangguh menghadapinya,” kata Tony, Kamis.

Sosialisasi itu juga dimaksudkan agar kemampuan masyarakat menghadapi tsunami meningkat. Meski tidak berharap mengalami bencana, namun jika hal itu benar-benar terjadi dapat diantisipasi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulon Progo, Untung Waluyo, mengatakan persiapan di tingkat masyarakat tetap harus dilakukan dengan peningkatan kapasitas dan sarana serta prasarana pendukung.

“Soalnya dalam bencana, dua jam pertama masyarakat harus bisa menyelamatkan diri. Maka sosialisasi perlu agar menjadi tangguh bencana,” kata Untung.

Sebagai bagian dari kesiapan masyarakat itu, mereka mendapat pelatihan dan pemahaman tentang ancaman bencana tsunami. Selain itu, masyarakat juga membuat jalur evakuasi dan simulasi membentuk relawan.

Terpenting, masyarakat juga dituntut dapat merawat sirine yang baru saja dipasang agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Sumber : Tribunnews.com



Jadi Orang Pintar itu Baik, Tapi Jadi orang bermanfaat itu lebih baik