Bukit Pethu, Destinasi Air Waduk Sermo

Kotawates.com. Kulon Progo – Waduk Sermo, danau buatan yang diresmikan pada tahun 1996 ini mamang memiliki peotensi wisata yang besar.

Luasnya yang mencapai 157 hektar dengan hijaunya perbukitan Menoreh yang mengelilinginya menghasilkan pemandangan yang begitu menawan.

Dengan potensi yang dimilikinya tersebut, saat ini masyarakat sekitar waduk Sermo mulai menggarap sektor pariwisata secara lebih serius. Hal ini terlihat dari mulai bermunculannya obyek wisata baru di sekitar waduk.

spot-foto-bukit-pethu2_20160808_164841

http://jogja.tribunnews.com/

Salah satu obyek wisata baru yang bisa wisatawan kunjungi di waduk Sermo adalah Bukit Pethu.

Obyek wisata ini berada persis di tepi waduk Sermo dan masuk ke dalam wilayah Dusun Tegalrejo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Obyek wisata yang memiliki nama resmi Pesona Bukit Pethu Waduk Sermo ini memilik dua buah gardu pandang menghadap langsung waduk sebagai ikonnya.
Adalah para pemuda anggota karang taruna dusun Tegalrejo yang pertama kali memiliki inisiatif membangun obyek wisata ini.

“Dalam membangun ini semua, kami memang terinspirasi dari wisata Kalibiru,” ujar Heri Antana, salah satu pengelola obyek wisata Bukit Pethu.

Lebih lanjut Hari menjelaskan, dia bersama anggota karang taruna lainnya ingin menghadirkan tempat wisata dimana para wisatawan bisa menikmati waduk Sermo dari dekat.

Layaknya di Kalibiru, wisatawan bisa memanfaatkan dua buah gardu pandang yang masing-masing memiliki tinggi kurang lebih 2,5 meter sebagai lokasi foto-foto dengan latar belakang waduk Sermo dan hijaunya perbukitan Menoreh.

Demi keamanan pengunjung di masing-masing gardu pandang terdapat alat pengaman, sehingga wisatawan tidak perlu was-was saat berada di atas.

suasana-di-obyek-wisata-bukit-pethu2_20160808_165006

http://jogja.tribunnews.com/

Demi kenyamanan para pengunjung, pihak pengelola juga menyediakan beberapa gazebo kecil yang bisa digunakan untuk bersantai para wisatawan. Selain itu, beberapa penjual makanan dan minuman juga hadir di tempat wisata ini.

Setiap harinya Bukit Pethu ini bisa dikunjungi wisatawan dari jam 08.00 pagi hingga 17.00. Meski baru beroperasi sejak Juni 2016 ini, jumlah kunjungan tempat ini cukup lumayan, yakni 100 orang per hari.

Anda tidak perlu bingung untuk mencapai Bukit Pethu, karena lokasinya mudah ditemukan.
Dengan mengelilingi jalan lingkar Waduk Sermo dan mengikuti papan petunjuk yang disiapkan pengelola anda akan dengan mudah menemukannya.

Sumber : Tribunnews.com



Jadi Orang Pintar itu Baik, Tapi Jadi orang bermanfaat itu lebih baik