Embung ‘Durian’ Desa Banjarroya Kulonprogo

Jpeg

Jpeg

Jika anda pernah mengunjungi puncak suroloyo melalui kalibawang pasti pernah melewati Embung Durian, yap ini adalah Embung dengan patung durian besar di Desa Banjarroya, Kalibawang, Kulon Progo. Dan memang sekitaran embung ini ditanami buah durian dan menurut rencana akan dijadikan embung wisata durian. Ada puluhan pohon durian yang mengelilingi embung ini meskipun saat ini masih dalam tahap pertumbuhan dan belum berbuah. Dari embung ini kita bisa menikmati panorama indah pegunungan Menoreh dari atas puncak embung ini.

Jpeg

Jpeg

Embung ini memang terletak di atas bukit atau pegunungan, sehingga pemandangan pegunungan sekitar bisa dengan jelas terlihat. Hamparan pegunungan dan juga dataran rendah serta kota Jogja bisa terlihat dari tepi embung ini. Terdapat juga gazebo mini untuk beristirahat dan berteduh. Embung ini juga tertata rapi, ada taman kecil di sekitaran embung sehingga cukup enak dipandang mata. Dan yang paling menarik tidak dipungut biaya masuk, hanya cukup membayar parkir Rp2000 untuk motor dan mobil hanya Rp5000 saja untuk menikmati keindahan alam dari embung ini.

Jpeg

Jpeg

Sayangnya di tempat wisata se indah ini banyak aksi vandalisme ini sangat disayangkan oleh tim kotawates.com saat bekunjung ke sana. Baik yang menggunakan tipe-x atau pylox pemandangan aksi coret-coretan ini sangat mengganggu ke indahan Embung Durian ini. Sebaiknya pengelola memberi sanksi keras bagi yang melakukan aksi vandalisme di lokasi wisata Embung Durian Banjarroya.

20150427_101635

Tim KotaWates,com

Terimakasih telah membaca artikel ini dan selalu jaga kebersihan setiap datang lokasi wisata dimana saja.