Gemericik Air Terjun Curug Setawing

Curug Setawing adalah air terjun yang berlokasi di Kulon Progo tepatnya di Jonggrangan, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, D.I.Yogyakarta. Curug yang mempunyai ketinggian sekitar 45,5 meter ini dibuka resmi Januari 2015. Curug yang berada di deretan bukit Menoreh ini mengandung kapur sehingga endapan air dapat membentuk tekstur unik. Terdapat pula beberapa undakan pada bantalan air terjun yang jika terkena air akan menimbulkan suara gemricik yang syahdu.

Perjalanan dimulai dari parkiran motor yang berjarak kurang lebih 100meter dari Curug. Sebelumnya tarif yang harus kita bayar untuk menjamin keamanan motor kita yakni sebesar 2000 rupiah. Setelahnya kita dengan tenang dapat menjelajah menyusuri jalan setapak menuju Curug Setawing.

1

Jalan setapak ini cukup kecil dan licin. Beberapa peringatan pada area licin juga disediakan oleh pengelola kawasan wisata ini. Penulis sarankan sebaiknya menggunakan sepatu khusus pendaki gunung atau menggunakan alas kaki dengan bagian bawah berpola.

2

Pemandangan di sepanjang jalan menuju curug sangat asri. Sembari jalan, kita dapat menikmati hijaunya alam di sepanjang perjalanan. Mungkin dapat menghilangkan rasa lelah kita selama perjalanan. Tapi tetap hati-hati ya dengan jalan yang cukup licin. Apalagi saat musim hujan seperti saat ini.

3

Kita juga bisa menikmati hamparan sawah beserta orang-orangan sawahnya. Terdapat pula aliran mata air dari bukit yang sangat jernih. Kita bisa membasuh muka ditengah lelahnya perjalanan dengan mata air yang sangat sejuk ini. Namun jangan diminum ya, meskipun langsung dari sumber mata air harus ada proses penyaringan jika kita ingin membuatnya untuk air konsumsi.

3_2

4

Sepanjang jalan menuju curug sangat bersih. Tidak terdapat sampah sedikitpun. Mungkin karena sudah disediakannya tempat sampah setiap sekian meter di tepi jalan. Jadi jika berminat wisata ke Curug Setawing ini tolong jaga kebersihan ya.

5

6

Jika lelah dan merasa butuh istirahat, di sini tersedia tempat beristirahat yang cukup unik dan nyaman. Terdapat tempat beristirahat semacam gazebo, dengan pemandangan hijau tentunya. Kita juga bisa berfoto ria di lokasi ini.

7

Setelah berjalan menyusuri alam cukup lama akhirnya sampailah kita di air terjun Curug Setawing. Rasa lelah dan letih terbayar sudah dengan keindahan pesona Air Terjun Curug Setawing ini. Hembusan angin beserta air yang begitu segar terasa hingga ke paru-paru. Merasuk hingga membuat suasana begitu nyaman, dan jauh lebih nyaman.

8

9

Di sini kita dapat bermain air, mengabadikan keindahan curug atau hanya dengan memandangnya. Namun perlu berhati-hati bagi pengguna barang elektronik, sebaiknya dibalut menggunakan karet pembungkus atau semacamnya.

Setelah kita puas bermain air dan berfoto ria di sekitar air terjun, saatnya berkemas dan berganti pakaian. Di sini juga terdapat fasilitas toilet umum, mushola dan juga penjual jajanan.

Tak jauh dari lokasi air terjun, terdapat pula tempat semacam gardu pandang bernama Tompak View. Di sini kita dapat melihat pemandangan yang luar biasa hebat. Pesona bukit Menoreh terpampang nyata dari tempat ini. Kita juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan bukit Menoreh.

10

11

Biaya yang dikeluarkan untuk melihat keindahan air terjun ini hanyalah 2000 rupiah untuk biaya parkir motor, sekian rupiah untuk toilet dan jajanan. Cukup murah jika dibandingkan dengan keindahan alam yang akan kita saksikan.

Demikian sedikit ulasan kotawatescom mengenai Air Terjun Curug Setawing. Semoga dapat memberi informasi dan menambah rasa cinta kita terhadap wisata alam Kulon Progo.

Salam,



Seorang pehobi foto yang mencoba berbagi informasi kepada para pembaca.