Kerjabakti Dusun Klewonan di area Pemakaman

Kulon Progo – Minggu, 31 Mei 2015 ada yang berbeda di dusun Klewonan, Triharjo. Dalam menyambut Bulan Ramadhan, Para warga Dusun Klewonanan berbondong-bondong membersihkan pemakaman yang sudah menjadi tradisi. Kegiatan ini sudah berlangsung lama sejak dulu, sudah menjadi kebiasaan pada bulan Sya’ban atau Sasi Ruwah (Dalam Bahasa Jawa).

Bersih Desa

Bersih Desa

.

Berbeda dengan kerjabakti yang biasanya, area pemakaman dan masjid menjadi tempat untuk dibersihkan. Banyak orang mengenal dengan nama “Nyadran” tetapi dalam perkembangan saat ini, Budaya Nyadran sudah ditinggalkan karena identik dengan ajaran Hindu pada masa penyebaran Islam di Jawa.

Tapi untuk warga Klewonan ini tak ingin mengkaitkan Kerjabakti di area Pemakaman dengan rutinitas “Nyadran” pada umumnya. Ini hanya sebagai tempat menyambung silaturahmi dan kegiatan bulanan saja. Karena Kerjabakti di area Pemakaman sudah berlangsung lama dalam hal pembangunan desa.

Pembuatan Selokan

Pembuatan Selokan

Adapun yang dibersihkan adalah Area Pemakaman yang ditambahi pasir serta membersihkan ilalang. Ditambah juga pembangunan Selokan di samping Pemakaman yang sangat erat hubungan dengan banjir yang sering terjadi di Dusun Klewonan.

Sungguh Indahnya kebersamaan warga Kulon Progo dengan Beribu Cerita di dalamnya.

Salam Pembaca
Dari Warga Kulon Progo



Jadi Orang Pintar itu Baik, Tapi Jadi orang bermanfaat itu lebih baik