Pesona Keindahan Laguna Pantai Glagah

1

Laguna Pantai Glagah

Kali ini kotawatescom akan coba bahas salah satu spot Wisata Pantai Glagah. Pantai­­ Glagah berada di desa Glagah, Temon, Kulon Progo, Yogyakarta. Pantai ini berjarak sekitar 15km dari pusat Kota Wates. Pantai ini diapit oleh dua pantai indah lainnya di Kota Wates yakni Pantai Congot dan Pantai Bugel. Wisata Pantai Glagah memiliki beragam spot menarik, salah satunya yakni Laguna Pantai Glagah.

2

Laguna Pantai Glagah

Laguna adalah tempat semacam danau, atau teluk air payau. Laguna tidak berombak, jadi cocok untuk tempat liburan bersama keluarga. Anak-anak bisa bermain air di tepi laguna, tidak perlu khawatir akan dalamnya laguna karena sudah terdapat bambu sebagai pembatas daerah dalam.

Tempat ini sangat cocok bagi kita bukan? Selain tempatnya yang aman untuk anak-anak, juga nyaman untuk para orangtua. Anak-anak senang, kita pun tenang.

3

Bermain di Laguna

4

Bermain di Laguna

5

Bermain di Laguna

Di sini kita dapat menikmati udara segar pantai sambil memandang indahnya laguna. Sembari memantau anak-anak yang sedang asyik bermain di tepi laguna, kita dapat duduk santai sambil menikmati jajanan atau bekal yang kita bawa dari rumah di tempat duduk yang terbuat dari kayu yang cukup nyaman ini.

6

Ruang Tunggu Laguna

Sejuk dan adem karena banyaknya pohon cemara di pinggir laguna membuat kita semakin ingin berlama-lama di tempat ini. Nyaman sekali memang, membuat waktu terasa begitu cepat.

7

Sejuknya Laguna

Setelah puas bermain air dan pasir di tepi laguna, kita dapat mengelilingi laguna dengan jasa perahu wisata. Perahu wisata ini mengantar kita untuk menikmati sisi lain laguna dari berbagai sudut. Dengan perahu wisata kita jadi lebih dekat dengan air, lebih bebas menikmati udara pantai dan lebih leluasa memandang pohon cemara di tepi laguna. Jernihnya air laguna, segarnya udara pantai serta hijaunya pohon cemara membuat kita semakin merasa santai, relax dan nyaman berada di wisata Laguna Pantai Glagah ini.

8

Wisata Perahu

9

Wisata Perahu

Di timur laguna terdapat para pedagang aksesoris, sewa perahu bebek Pak Yanto, warung makan Adem Ayem, kolam renang anak dan dewasa, pedagang jajanan dan masih banyak lagi. Cukup lengkap untuk memanjakan anak-anak atau membelanjakan diri sendiri.

10

Pasar Laguna

10_2

Sewa Perahu Bebek

10_3

Sewa Perahu Bebek

Nggak ada salahnya membeli kacamata untuk gaya atau untuk mencegah silau sinar matahari. Dengan harga yang bervariasi dan tidak terlalu merogoh kocek dalam-dalam, kita sudah dapat memakainya. Atau membeli topi ala koboi sebagai penutup kepala dari sengatan sinar matahari.

11

Membeli Aksesoris

Lokasi Laguna Pantai Glagah ini juga berdekatan dengan pemecah ombak dan pantainya. Jadi jika belum puas bermain di laguna, kita dapat meneruskan kegiatan di pemecah ombak atau pantainya.

Pemecah ombak ini sebetulnya difungsikan untuk menahan ombak pantai supaya tidak masuk ke dermaga. Namun kita juga bisa menjadikannya tempat wisata dengan berjalan di tengahnya dan menikmati hempuran ombak dengan batu-batu buatan yang lumayan besar ini. Kita juga bisa berfoto dengan latar belakang pemecah ombak ini. Namun harus sedikit wasapada bagi yang membawa anak-anak, dibutuhkan pengawasan khusus saat anak-anak berada di pinggir pemecah ombak.

12

Pemecah Ombak

Tepat di sebelah barat pemecah ombak terdapat pantai. Namun ini bukan pantai utama di Pantai Glagah. Tetapi banyak pula wisatawan yang lebih memilih bermain di pantai ini dengan alasan jarak yang lebih dekat dengan laguna dan pemecah ombak.

13

Pantai

Lagi-lagi kita harus sedikit waspada dan memberi pengawasan khusus kepada anak-anak yang sedang bermain di pantai ini. Mengingat Pantai Glagah merupakan pantai di kawasan selatan atau yang sering orang bilang pantai selatan, yakni pantai yang terkenal dengan ombaknya yang besar.

Namun tidak usah lantas terlalu takut bahkan melarang anak-anak bermain air. Temani dan berikan pengawasan dengan kita berada di dekatnya, dan yakinlah tuhan yang akan menjaganya untuk kita.

Berikut jenis biaya yang mungkin kita keluarkan selama berwisata di Laguna Pantai Glagah ini kotawatescom rincikan sebagai berikut.

No Jenis Pengeluaran Harga
1 Parkir Motor 3000
2 Parkir Mobil 10000
3 Parkir Minibus 15000
4 Parkir Bus/truk 20000
5 Toliet Mandi 3000
6 Buang Air Kecil/Besar 2000
7 Bilas/Cuci 2000
8 Perahu Bebek 20000
9 Perahu Wisata Dewasa/Anak 5000
10 Perahu Wisata Langsung Berangkat (Max 14 orang) 80000

Demikian ulasan kotawatescom mengenai Wisata Laguna Pantai Glagah. Semoga dapat menjadikan referensi liburan dan menambah rasa cinta kita pada Kota Wates.

Salam,



Seorang pehobi foto yang mencoba berbagi informasi kepada para pembaca.