Menteri Koperasi dan UKM Resmikan Tomira

Kotawates.com, Kulon Progo – Menteri Koperasi dan UKM RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga melakukan kunjungan mendadak untuk melihat proses pembuatan gula semut di rumah Rohmadi Pedukuhan Soropati Hargotirto Kokap, dilanjutkan ke KSU Mandiri Kalibiru Hargowilis Kokap, dan meresmikan Tomira di Sentolo, Minggu (02/10/2016). Menkop dan UKM RI ingin mengetahui secara langsung dan riil terkait koperasi di Kulonprogo dan permasalahannya, dan langkah nyata yang diperlukan dalam mengangkat koperasi.

Diungkapkan Menkop, daya tahan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia bagus. Tahun depan pemerintah akan berusaha menurunkan kredit usaha rakyat (KUR) lagi dan juga menekankan pentingnya pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan. “Apapun permasalahannya (koperasi), silahkan disampaikan ke Dinas maupun ke Provinsi maupun pusat,” katanya.

Saat dialog di KSU Mandiri Kalibiru Hargowilis Kokap dan berdialog dengan pengurus koperasi, Menkop dan UKM mengatakan, arah pengembangan Koperasi KSU Mandiri sudah sesuai dengan harapannya karena koperasi dapat memberdayakan anggota dan masyarakat untuk terlibat.

Seperti arah penginapan wisatawan adanya homestay, Anak Agung menyampaikan senang, dan untuk lebih menarik wisatawan terutama wisatawan mancanegara ditekankan homestay yang bersih. “Sudah benar, dan harus dikeroyok ramai-ramai pengelolaannya dengan berbagai sektor,” katanya.

Kunjungan wisatawan ke Kalibiru terus meningkat. Tahun 2016, Januari sampai September 2016 kunjungan wisatawan dalam negeri mencapai 305.812 dan wisatawan asing mencapai 5.680 orang. Pengelola mengatakan saat ini penduduk di Kalibiru sudah tak ada pengangguran lagi, bahkan warga yang sebelumya pergi merantau keluar daerah atau luar negeri sekarang memilih kembali.

Di Sentolo, Menkop UMKM menyaksikan penandatanganan dan peresmian Toko Milik Rakyat (Tomira) hasil kerjasama KUD Gangsar Sentolo dan PT Indomarco Prismatama Cabang Yogyakarta. Setelah dialog, Anak Agung menyampaikan pola kerjasama Tomira sangat bagus dan bahkan meminta berbagai salinan kebijakan terkait Tomira. “Sangat bagus karena toko modern ini menjadi milik koperasi dan produk UMKM dapat dipasarkan melalui toko modern,” ujarnya sembari setelah dikaji terlebih dahulu dan melihat kenyataan di lapangan akan disampaikan atau menularkan model Tomira ini ke berbagai daerah.

Sumber : Krjogja.com


TAG

Jadi Orang Pintar itu Baik, Tapi Jadi orang bermanfaat itu lebih baik