Pemkab Kulon Progo Akan Robohkan Lima Gedung

Kotawates.com, Kulon Progo – Jalan sepanjang 200 meter bakal dikerjakan dengan meruntuhkan  bekas lima gedung depan kantor pemkab. Dengan lebar 14 meter, pembangunan jalan memakai dana keistimewaan (danais) Rp 1 Miliar lebih. Sementara untuk ruang terbuka hijau (RTH) dibuat di bekas jalan yang sekarang ini berada di depan pemkab Jalan Perwakilan.

“Bekas lima gedung yakni Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT), Badan Pusat Statistik (BPS), Kantor PKK, Kantor Satpol PP, serta bangunan Gubug Pramuka akan diratakan. Ini untuk menggantikan jalan yang saat ini ada karena rencana bakal ditutup untuk dibuat taman,” Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kulon Progo Nurcahyo Budi Wibowo ST MT, Selasa (2/2/2016).

Menurut Nurcahyo, nantinya dari arah Watulunyu atau Jalan Sugiman, jalan akan lurus ke barat, melewati jalan di bekas lima gedung tersebut. Hanya memang ada Tugu Pagoda yang merupakam cagar budaya di utara perlintasan kereta api. “Tugu itu tidak boleh dipindahkan. Untuk itu nanti kita akan bahas lebih lanjut dengan instansi terkait dalam mendapatkan solusinya. Semua dilakukan dalam upaya memperindah Kota Wates,” kata Nurcahyo.

Terpisah, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kebersihan dan Taman DPU Kulon Progo Toni SIP, taman akan dibangun di jalan perwakilan atau jalan yang sekarang ini ada. Rencananya, setelah jalan dibangun selesai dan difungsikan, baru pembangunan taman full penghijauan dimulai.

“Tamannya full penghijauan, tidak boleh ada paving block, jadi semuanya hijau. Untuk dana, sekitar Rp 1 M lebih yang akan diajukan ke Pusat, saat ini baru dalam taraf perbaikan proposalnya,” ujarnya.

Sumber : Krjogja.com