Rute Kirab Jumenengan Pakualam X

Kotawates.com, Jogja – Pura Pakualaman akan menggelar prosesi Kirab Jumenengan Paku Alam X Kamis (7/1/2016). Rute kirab telah dipastikan yakni menempuh jarak 3,6 kilometer mulai dari Pura Pakualaman.

Ketua Panitia Kirab Raden Wedhono Hasto Prakoso kepada wartawan, Minggu (3/1/2016) mengatakan bahwa kirab akan dimulai pukul 14.00 WIB dan menempuh rute dari Pakualaman menuju Jalan Sultan Agung menuju Jalan Gajah Mada hingga Kusumanegara dan kembali ke Pura Pakualaman.

“Hari ini kita akan lakukan gladi bersih kirab di jalan yan  menjadi rute pada pelaksanaan nanti. Rutenya mulai dari Sultan Agung, Gajah Mada, Bausasran, Gayam, Cendana, Kusumanegara dan kembali ke Sultan Agung Pura Pakualaman,” ungkapnya.

Rangkaian kirab menurut Hasto akan dimeriahkan 18 iringan mulai dari Marching Band, Gajah, Kereta Kencana Jumenengan dan prajurit Pura Pakualaman.

“Rangkaian utamanya terdiri dari Gajah, Manggala Yudha, prajurit pembawa bendera Pakualaman, Enam kereta kencana termasuk Kyai Manik Kumolo yang akan dinaiki Paku Alam X,” imbuhnya.

Enam kereta kencana yang digunakan dalam kirab akan ditarik lebih dari 30 kuda pacu yang berasal dari berbagai wilayah DIY. “Selain itu ada empat gajah milik Kraton dan Gembira Loka Zoo yang membuka rangkaian utama kirab,” lanjutnya.

Sementara itu lima kereta kencana yang digunakan dalam kirab yakni Kyai Manik Kumolo, Rejo Pawoko yang merupakan ampilan dalem, Kereta Rara Kumenyar, Kyai Brajanala, Kyai Manik Brojo dan satu kereta baru yang bernama Jala Dara. “Khusus untuk Manik Kumolo merupakan kereta yang usianya sudah lebih dari 200 tahun yakni hadiah dari Jendral Sir Thomas Stamford Raffless pada tahun 1812. Kereta yang diproduksi di London nantinya akan dinaiki oleh Paku Alam X ketika kirab Jumenengan.

Sumber : Krjogja.com



Jadi Orang Pintar itu Baik, Tapi Jadi orang bermanfaat itu lebih baik