Waduk Sermo, Tempat Seru-seruan Terindah dengan Beragam Spot-nya

Libur akhir pekan sebaiknya diisi dengan kegiatan positif, apalagi jika rutinitas kita yang cukup membuat pikiran lelah. Solusinya yakni dengan meluangkan waktu untuk pergi ke tempat yang kaya akan pemandangan alam guna menyegarkan kembali pikiran kita dari kesibukan dan rutinitas. Kulon progo dengan Waduk Sermonya adalah salah satu tempat liburan yang tepat.

Waduk Sermo adalah bendungan atau situ dengan jalan berkelok melingkar di tepinya. Waduk Sermo berlokasi di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Tempat wisata ini berjarak kurang lebih 7 km dari pusat Kota Wates.

Waduk terbesar di Yogyakarta ini kian mempesona dipadu dengan hamparan bukit menoreh dan jalanan yang berliku sebagai penghias bagian tepinya. Disamping tempatnya yang kaya akan pemandangan alam dan udara segar, Waduk Sermo juga memiliki berbagai spot yang tidak akan membuat kita bosan untuk menghabiskan waktu di dalamnya. Berikut beberapa spot yang kotawatescom coba bahas untuk para pembaca.

Spot pertama adalah tempat menyerupai dataran tinggi dengan rumput hijau yang subur, dikelilingi pohon hijau dengan latar belakang waduk laksana danau impian yang membuat mata kita menjadi sejuk. Lokasi ini berada di Waduk Sermo bagian selatan. Kira-kira 100 meter dari loket pintu masuk Waduk Sermo sebelah kiri jalan. Tempat ini menyerupai tanah lapang sehingga kita dapat memarkir kendaraan kita di sini.

Spot Waduk SermoDi tempat hijau ini kita dapat berfoto bersama teman, kerabat atau mungkin pasangan kita. Dengan latar belakang pemandangan waduk yang sangat meanawan, membuat suasana romantis sangat kental di dalamnya. Hijaunya air wadukpun tak luput dari pandangan mata yang menjadi pendamai hati bagi para pemandangnya. Bukit menoreh yang hijau dan asri menjadi pelengkap di dalamnya.

2

Selain berfoto ria kita juga bisa menikmati indahnya alam dengan menggelar tikar sembari menyantap bekal yang dibawa dari rumah. Anak-anak bisa bermain bebas kesana-kemari di atas hijaunya rumput. Tetapi harus disertai pengawasan lebih jika anak-anak bermain di daerah tepi dataran tinggi.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada pagi hari sekitar pukul 8 s.d. 10 WIB, karena udara masih terasa sejuk dan sinar matahari tidak begitu menyengat.

Kemudian setelah beberapa waktu menghabiskan waktu di dataran tinggi, kita beranjak 200 meter ke utara melewati jembatan yang sedikit panjang hingga sampailah di tempat semacam dermaga. Untuk menuju tempat ini hanya dapat dilalui menggunakan mobil minibus atau yang kendaraan yang lebih kecil, karena terdapat portal yang membatasi besar dan tinggi kendaraan. Jadi jika kita menggunakan bus atau truk sebaiknya parkir di spot pertama saja.

Di sini kita dapat melihat waduk dari sisi yang berbeda. Kita juga dapat mengelilingi waduk dengan jasa perahu wisata. Lokasi parkirnya pun cukup dekat dengan lokasi perahu wisata. Tempat parkirnya cukup luas, cukup untuk menampung beberapa mobil para wisatawan saat musim liburan.

2_2

2_1Untuk menuju tempat perahu wisata berlabuh disediakan jalan bertangga yang cukup nyaman dengan kanopi yang melindungi dari sengatan sinar matahari. Jalan ini menuju langsung ke lokasi perahu wisata berlabuh.

3

Di sini beberapa perahu wisata berlabuh, menanti pengunjung yang berminat untuk menggunakan jasanya untuk mengantarkan pengunjung mengelilingi waduk menggunakan perahu tersebut. Pengunjung akan diantar mengelilingi waduk selama kurang lebih 20 menit dan kemudian kembali ke dermaga.

4

5Kita juga dapat menikmati indahnya waduk dengan duduk santai di rumah-rumahan semacam gazebo. Rumah-rumahan ini berada tidak jauh dari tempat perahu berlabuh. Sembari menunggu anak-anak yang sedang menikmati indahnya waduk dengan perahu, kita dapat menunggu di rumah-rumahan ini. Namun hanya beberapa rumah-rumahan yang tersedia di tempat ini, jadi yang terlebih dahulu menempatinya maka dialah yang berhak memanfaatkan.

6

Lokasi rumah-rumahan ini berada persis di bibir waduk. Jarak yang begitu dekat dengan air membuat kita memberikan pengawasan khusus kepada anak-anak yang sedang bermain.

8

Kita mungkin bisa lupa waktu jika berada di tempat ini. Udara yang segar dan sejuknya pemandangan waduk membuat kita ingin berlama-lama menikmatinya.

Jumlah biaya yang kita keluarkan untuk berwisata di Waduk Sermo ini kotawatescom rincikan sebagai berikut.

No

Jenis Biaya Biaya
1 TPR Mobil Rp.3.000,-
2 TRP Motor Rp. 1.000,-
3 TRP Bus & Truk Rp. 5.000,-
4 TPR per orang Rp. 2.000,-
5 Parkir Mobil Rp.3.000,-
6 Parkir Motor Rp.1.500,-
7 Parkir Bus & Truk Rp.5.000,-
8 Wisata Perahu 20 menit (Dewasa) Rp.5.000,-
9 Wisata Perahu 20 menit (Anak-anak) Rp.3.000,-
10 Wisata Perahu 1 jam (Rombongan) Rp.100.000,-

Demikian sedikit ulasan kotawatescom mengenai Wisata Waduk Sermo, Kulon Progo. Semoga dapat memberikan informasi dan dapat menambahkan rasa cinta kita kepada Kota Wates, Kulon Progo.

Salam,



Seorang pehobi foto yang mencoba berbagi informasi kepada para pembaca.