Zuhad – Iriani pesaing Hasto – Tedjo

Kotawates.com, Kulon Progo – Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Zuhadmono Azhari – BRAy Iriani Pramastuti akhirnya mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada Kulon Progo 2017 di KPU Kulon Progo, Kamis (29/9/2016).
Calon pasangan penantang incumbent ini diusung tiga parpol, yaitu Gerindra, PKB, dan Demokrat.

Ketua KPU Kulon Progo, Muh Isnaini, mengatakan pasangan tersebut merupakan pasangan terakhir yang bisa diusung gabungan parpol.

Sebelumnya, enam koalisi parpol yaitu PDI Perjuangan, PAN, Golkar, PKS, Hanura, dan Nasdem, juga telah mendaftarkan pasangan incumbent Hasto – Tedjo.

Isnaini mengatakan parpol pengusung Zuhadmono – Iriani berkekuatan 12 kursi atau 30 persen dari total 40 kursi DPRD Kulon Progo. “Di hari kedua perpanjangan pendaftaran ini satu paslon mendaftar.

Dari Gerindra dengan 5 kursi, PKB 5 kursi, dan Demokrat 2 kursi,” kata Isnaini.

Pemberkasan untuk pasangan ini sempat terhenti cukup lama. Pasalnya, dokumen pencalonan dan syarat calon belum dibawa ke KPU. Dokumen yang dimaksud adalah surat pencalonan yang harus ditandatangani Ketua DPC PKB Kulon Progo, Anwar Hamid.

Sementara Anwar Hamid saat itu tidak bisa hadir dengan alasan sedang opname di rumah sakit.

Meski sempat menunggu lebih kurang sejam, proses tersebut akhirnya diteruskan setelah dokumen yang dimaksud tiba di KPU.

Isnaini mengatakan ketidakhadiran Ketua DPC tersebut tidak menjadi masalah karena digantikan dengan surat keterangan dari rumah sakit bahwa yang bersangkutan opname.

Namun sesuai aturan, proses tersebut memang seharusnya wajib dihadiri paslon, ketua dan sekretaris partai.
Hingga akhirnya pendaftaran disahkan, Isnaini mengatakan dokumen pencalonan telah dapat diterima. Sejumlah kekurangan hanya seputar syarat calon dan kurangnya berkas fotocopy dan dokumen asli lainnya.

Keluar dari ruang pendaftaran KPU Kulon Progo, Zuhadmono mengatakan semua komponen masyarakat telah mendukung dirinya dan Iriani untuk maju. Dia pun menyatakan hadir di KPU untuk mendaftar dan akan memenangkan Pilkada 2017.

“Kami didukung mesin politik yang kuat gigih dan berani. Kami ini koalisi gotong royong untuk menang,” katanya.

Iriani menambahkan persiapan telah dilakukan untuk menang. Jika dalam pendaftaran terdapat kekurangan, menurutnya, hanya beberapa saja. “Yang penting syarat pencalonan dan syarat calon sah,” katanya.

Sumber : Tribunnews.com